Abstrak;
Eko
WIhartono (2014P20076) : Pengaruh Reward dan
Punishment, Tata-tertib sekolah dan
keteladanan Guru terhadap Kedisiplinan Siswa di SMK Negeri 1 Miri Sragen.
Tesis, Surakarta : Program Studi Manajemen (S2/M.Si) Program Pascasarjana
Universitas Islam Batik Surakarta, Agustus 2016.
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1)
menganalisis pengaruh Reward dan punishment , tata-tertib sekolah dan
keteladanan guru secara bersama-sama terhadap kedisiplinan siswa di SMK Negeri
1 Miri Sragen. (2) menganalisis pengaruh Reward
dan punishment terhadap kedisiplinan
siswa di SMK Negeri 1 Miri Sragen. (3) menganalisis pengaruh tata-tertib sekolah
terhadap kedisiplinan siswa di SMK Negeri 1 Miri Sragen. (4) menganalisis
pengaruh korelasi keteladanan guru terhadap kedisiplinan siswa di SMK Negeri 1
Miri Sragen.
Penelitian dilakukan selama 6 (enam)
bulan, mulai bulan Januari – Juni 2016 dengan mengambil lokasi di SMK Negeri 1 Miri
Sragen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMK Negeri 1 Miri
Sragen yang berjumlah 1215 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah
122 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian
ini data yang digunakan peneliti adalah data primer dan data sekunder. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan angket
kuisioner. Teknik pengolahan data
dilakukan dengan menggunakan program SPSS untuk melaksanakan uji asumsi klasik
(uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas) dan uji
hipotesis (uji regresi linier berganda, uji determinasi (R2), uji t
dan uji F).
Kesimpulan penelitian ini berdasarkan
hasil uji F dan uji t, adalah sebagai berikut : (1) terdapat pengaruh secara
bersama-sama yang signifikan dan positif
antara reward dan punishment, tata-tertib sekolah dan
keteladanan guru terhadap kedisiplinan siswa. Dengan demikian hipotesis pertama
yang diajukan maka teruji kebenarannya. (2) reward dan punishment (X1) berpengaruh secara positif dan signifikan
terhadap kedisiplinan siswa. (3) tatatertib sekolah (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan
terhadap kedisiplinan siswa. (4) keteladanan guru (X3) berpengaruh secara positif dan signifikan
terhadap kedisiplinan siswa.
Kata
Kunci : reward dan punishment, tata-tertib sekolah, keteladanan guru dan kedisiplinan siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar