Selasa, 04 April 2017

Pengaruh Reward dan Punishment, Tata-Tertib Sekolah, dan Keteladanan Guru Terhadap Kedisiplinan Siswa SMK Negeri 1 Miri Sragen

Abstrak;

Eko WIhartono (2014P20076) : Pengaruh Reward dan Punishment, Tata-tertib sekolah dan keteladanan Guru terhadap Kedisiplinan Siswa di SMK Negeri 1 Miri Sragen. Tesis, Surakarta : Program Studi Manajemen (S2/M.Si) Program Pascasarjana Universitas Islam Batik Surakarta, Agustus 2016.
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) menganalisis pengaruh Reward dan punishment , tata-tertib sekolah dan keteladanan guru secara bersama-sama terhadap kedisiplinan siswa di SMK Negeri 1 Miri Sragen. (2) menganalisis pengaruh Reward dan punishment  terhadap kedisiplinan siswa di SMK Negeri 1 Miri Sragen. (3) menganalisis pengaruh tata-tertib sekolah terhadap kedisiplinan siswa di SMK Negeri 1 Miri Sragen. (4) menganalisis pengaruh korelasi keteladanan guru terhadap kedisiplinan siswa di SMK Negeri 1 Miri Sragen.

Penelitian dilakukan selama 6 (enam) bulan, mulai bulan Januari – Juni 2016 dengan mengambil lokasi di SMK Negeri 1 Miri Sragen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMK Negeri 1 Miri Sragen yang berjumlah 1215 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 122 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini data yang digunakan peneliti adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan angket kuisioner.  Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program SPSS untuk melaksanakan uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas) dan uji hipotesis (uji regresi linier berganda, uji determinasi (R2), uji t dan uji F).
Kesimpulan penelitian ini berdasarkan hasil uji F dan uji t, adalah sebagai berikut : (1) terdapat pengaruh secara bersama-sama  yang signifikan dan positif antara reward dan punishment, tata-tertib sekolah dan keteladanan guru terhadap kedisiplinan siswa. Dengan demikian hipotesis pertama yang diajukan maka teruji kebenarannya. (2) reward dan punishment (X1) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kedisiplinan siswa. (3) tatatertib sekolah (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kedisiplinan siswa. (4) keteladanan guru (X3) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kedisiplinan siswa.


Kata Kunci : reward dan punishment, tata-tertib sekolah, keteladanan guru  dan kedisiplinan siswa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar